Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Buku Siswa Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Evaluasi Tema 4 Halaman 256 - 260


Jawaban Buku Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Tema 4 Hal 256 - 260
A. Pilihan Ganda
Kampanye SDGs melalui Media 

DIREKTUR United Nations Information Centre (UNIC) Francyne Harrigan kemarin berkunjung ke sejumlah media massa di Jakarta, termasuk Media Group. Kunjungan itu berkaitan dengan program SDGs Media Compact yang akan dilakukan bersama media-media. 

Kampanye sustainable development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa itu memiliki sejumlah isu strategis. Misalnya, perubahan iklim, ketersediaan air bersih, masalah sampah, kesetaraan gender, dan kesehatan. 

SDGs Media Compact diluncurkan pada September 2018. PBB mengajak perusahaan-perusahaan media dan hiburan di seluruh dunia untuk mengoptimalkan sumber daya mereka demi mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan di 2030. 

Seperti diungkap dalam situs PBB, dalam peluncuran SDGs Media Compact, telah bergabung sejumlah perusahaan media di 80 negara di 4 benua. Jumlah itu pun diperkirakan akan terus bertambah. Sifat SDGs Media Compact bersifat inklusif dan bertujuan merangkul perusahaan-perusahaan media dari semua wilayah dan berbagai platform.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam SDGs Media Compact akan berkesempatan menciptakan kerja sama konten dengan PBB. Sementara itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga akan meningkatkan upaya dalam menciptakan dan berbagi konten media yang terkait dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. 

1. SDGs Media Compact adalah …
a. lembaga internasional untuk kampanye SDGs.
b. badan kerja sama dunia untuk kampanye SDGs.
c. program kerja sama untuk kampanye SDGs.
d. rencana peningkatan kampanye SDGs.

2. Direktur UNIC Francyne Harrigan mengajak semua media di seluruh dunia untuk ikut mengampanyekan SDGs. Program SDGs dinilai perlu dikampanyekan secara optimal untuk …
a. meningkatkan keterlibatan dari pemerintah.
b. mengoptimalkan partisipasi dari seluruh kalangan masyarakat.
c. mendorong peningkatan kesadaran di wilayah yang tidak terjangkau media.
d. mengembangkan perusahaan media di seluruh dunia.

3. Satu contoh tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut mengampanyekan SDGs adalah …
a. mendorong pemerintah untuk melaksanakan program SDGs.
b. mempelajari secara mandiri setiap isu yang dijadikan sasaran dalam SDGs.
c. meminta pihak PBB untuk mengevaluasi SDGs secara rutin.
d. menyebarluaskan informasi mengenai SDGs melalui berbagai cara.

4. Perhatikan grafik berikut.
Pernyataan manakah yang sesuai dengan informasi di dalam grafik tersebut?
a. Tingkat kemiskinan di Indonesia terus menurun sepanjang tahun.
b. Profil kemiskinan adalah salah satu indikator keberhasilan SDGs.
c. Pandemi di tahun 2020 menyebabkan penurunan angka kemiskinan.
d. Tantangan pencapaian SDGs meningkat di tahun 2020.

5. Apa contoh tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia?
a. Memberikan sejumlah uang kepada orang tidak mampu untukmembeli makanan.
b. Membuat program pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bentuk.
c. Menuntut pemerintah untuk melakukan program pengentasan kemiskinan.
d. Meminta dana kepada lembaga kerja sama internasional.

B. Esai 
1. Seperti yang sudah kita pelajari, masyarakat di dunia memiliki keragaman dalam berbagai hal seperti ciri fisik dan budayanya. 
a. Menurutmu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? 
b. Bagaimana kita harus menyikapi perbedaan tersebut? 

2. Dunia kita terbagi ke dalam beberapa wilayah yang terdiri dari banyak negara. Meskipun demikian, setiap negara saling bekerja sama satu sama lain dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Menurutmu, apa penyebab terjadinya kerja sama internasional? 

3. Melalui politik bebas aktif, Indonesia selalu mencoba untuk berperan dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Indonesia aktif melakukan hubungan bilateral dengan berbagai negara dan ikut berkontribusi dalam berbagai kerja sama di lingkup kawasan dan dunia. Apa saja peran yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam kerja sama internasional dan apa manfaat yang telah Indonesia dapatkan dari kerja sama tersebut? 

4. Terdapat 17 isu dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang sedang diupayakan oleh negara-negara di dunia untuk bisa tercapai di tahun 2030. Pilih salah satu isu SDGs tersebut yang terjadi di lingkungan atau daerah sekitarmu, lalu uraikanlah informasinya melalui beberapa poin berikut:
a. Nama Isu
b. Keterangan/Penjelasan
c. Contoh permasalahan yang terjadi
d. Solusi yang dapat dilakukan

5. Perhatikan cuplikan teks berita berikut.
RI Penghasil Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia 
Jakarta  -  Indonesia menjadi produsen negara kedua terbesar penghasil sampah plastik ke laut setelah China. Sampah plastik tersebut didominasi oleh plastik yang sulit terurai. Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh masyarakat menjadi penyebab utama terkontaminasinya lautan yang ada di Indonesia. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, saat ditemui di kantornya menyampaikan jika, “Kita dikenal sebagai negara kedua terbesar menghasilkan sampah plastik ke laut sebanyak 1,3 juta ton per tahun. Hal ini dapat membahayakan ekosistem laut dan membahayakan generasi yang akan datang,” ujar Andono. 
a. Menurutmu, mengapa masyarakat Indonesia bisa menghasilkan sampah plastik yang begitu banyak dibandingkan dengan negaranegara lainnya di dunia? 
b. Apa solusi yang dapat kita lakukan untuk menghadapi isu tersebut?

Jawaban Buku Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Tema 4 Hal 256 - 260
A. Pilihan Ganda
1. C
2. B
3. D
4. D
5. B

B. Esai
1. a. Karena setiap masyarakat tinggal di berbagai wilayah dengan tantangan alam yang berbeda-beda. Ciri-ciri fisik dan budaya dipengaruhi oleh tempat di mana masyarakat itu tinggal.
b. Menyikapi perbedaan, sikap yang harus dilakukan adalah saling menghargai sehingga kita semua bisa hidup dengan harmonis.

2. Kerja sama internasional terjadi karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di satu wilayah tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri seiring dengan meningkatnya sistem kehidupan sehingga mereka membutuhkan kerja sama dengan wilayah lain. 

Kerja sama internasional terjadi karena masyarakat yang tinggal di berbagai wilayah dunia memerlukan hubungan dengan wilayah lain untuk saling menjaga maupun untuk saling memenuhi kebutuhannya.

3. Peran
• Mendirikan ASEAN
• Menyelenggarakan Asian Games
• Menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika
• Menjadi tuan rumah bagi berbagai siding internasional
• Menjadi anggota dewan keamanan PBB
• Mengirimkan personel polisi atau tantara untuk misi keamanan internasional

Dampak
• Mendirikan ASEAN: Mendapatkan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan juga mendapatkan keuntungan dari berbagai aktivitas kerja sama di bidang ekonomi dan budaya 
• Menyelenggarakan Asian Games: Mendorong pembangunan infrastruktur, meningkatkan pendapatan karena kehadiran wisatawan, dan mengenalkan Indonesia kepada dunia.

4. a. • Kota dan pemukiman yang berkelanjutan 
• Isu ini berkaitan dengan tujuan dunia untuk membangun sistem kehidupan masyarakat yang tidak merusak lingkungan sehingga setiap aktivitas bisa dilakukan secara berkelanjutan.
c. Contohnya adalah persoalan sampah di lingkungan saya yang masih belum terkelola dengan baik. Produksi plastik dan sampah rumahan yang disatukan di tempat pembuangan akhir akan terus menggunung setiap tahun dan menimbulkan permasalahan lingkungan.
d. Solusinya adalah setiap masyarakat bisa mulai mengelola sampah dengan melakukan pilah sampah. Sampah organik dijadikan kompos sementara sampah non organik didaur ulang. Jika semua masyarakat melakukannya maka tujuan membangun kota dan pemukiman yang berkelanjutan akan tercapai.

5. a. Masyarakat sudah terbiasa menggunakan plastik karena lebih murah dan praktis. Persoalannya masyarakat tidak menyadari dampak buruk dari penggunaan plastik bagi lingkungan.
b. • Solusinya masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi mengenai dampak buruk sampah plastik yang tidak terkelola. 
• Solusinya masyarakat harus membangun sistem pengolahan sampah yang berkelanjutan dengan memilah dan mendaur ulang sampah tersebut. 
• Solusinya pendidikan mengenai lingkungan lebih ditingkatkan di persekolahan agar sejak sekolah dasar setiap orang sudah terbiasa menjaga kelestarian alam.

Post a Comment for "Jawaban Buku Siswa Kurikulum Merdeka IPS Kelas 9 Evaluasi Tema 4 Halaman 256 - 260"