Tingkat Pendidikan Di Indonesia Di Dunia

by administrator
image source : bing.com

Kondisi Pendidikan di Indonesia

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, mencapai 264 juta jiwa pada 2019. Dari jumlah tersebut, tercatat bahwa sekitar 80% dari penduduk Indonesia berusia di bawah 40 tahun. Ini berarti bahwa sebagian besar dari penduduk Indonesia berada di usia produktif, di mana mereka berada di usia yang bisa memanfaatkan pendidikan dengan baik.

Jumlah penduduk yang besar ini tentunya menimbulkan berbagai tantangan bagi Indonesia, salah satunya adalah meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia. Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia, namun tingkat pendidikan di Indonesia masih berada di bawah rata-rata ASEAN.

Berdasarkan data yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, pada tahun 2019, hanya sekitar 65,3% penduduk Indonesia yang berhasil menyelesaikan pendidikan dasar.Tingkat kelulusan pendidikan menengah pun hanya mencapai 56,7%. Ini berarti bahwa sebagian besar penduduk Indonesia masih belum memiliki pendidikan yang memadai.

Kondisi Pendidikan di Dunia

Meskipun tingkat pendidikan di Indonesia masih berada di bawah rata-rata ASEAN, namun Indonesia masih berada di atas rata-rata dunia. Berdasarkan data yang disediakan oleh UNESCO, tingkat pendidikan dasar di Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pendidikan dasar di banyak negara di dunia.

Meskipun begitu, masih ada banyak negara yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya berbagai faktor seperti ketersediaan sumber daya, struktur masyarakat, budaya pendidikan, dan lain-lain.

Upaya Pemerintah untuk Meningkatkan Pendidikan Indonesia

Menyadari pentingnya pendidikan di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia. Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan pendidikan yang berfokus pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pemerintah juga telah menerapkan berbagai program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akses pendidikan di Indonesia. Pemerintah telah meningkatkan anggaran pendidikan dan mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia. Pemerintah juga telah menerapkan berbagai program bantuan pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Kesimpulan

Tingkat pendidikan di Indonesia masih berada di bawah rata-rata ASEAN, namun di atas rata-rata dunia. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada banyak ruang untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia, namun masih ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

You may also like

Leave a Comment