Perbedaan Layar AMOLED, Super AMOLED dan Dynamic AMOLED

Ketika melihat spesifikasi HP yang ingin Anda beli, Anda tentu sering melihat spesifikas layar yang menggunakan panel AMOLED, Super AMOLED, dan Dynamic AMOLED.

Anda mungkin mengira ketiga jenis panel tersebut sama. Tidak salah memang, ketiganya sama-sama AMOLED, panel layar yang memiliki kualitas paling jempolan saat ini.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa secara kualitas ketiganya ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, biar nggak penasaran, simak ulasannya berikut ini.

AMOLED

AMOLED merupakan singkatan dari Active Matrix Organic Emitting Diode. Singkatnya, panel layar ini merupakan pengembangan dari teknologi OLED.

Kelebihan dari panel ini adalah mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih. Selain itu panel layar ini tetap mampu menghasilkan gambar yang tajam meskipun terkena sinar matahari.

Super AMOLED

Layar Super AMOLED merupakan pengembangan dari AMOLED. Perbedaan antara keduanya terletak pada bagian layar sentuh. Jika AMOLED memerlukan lapisan layar yang terpisah, layar Super AMOLED tidak memerlukan lapisan layar yang terpisah. Alhasil, layar Super AMOLED memeliki ukuran yang lebih tipis.

Secara kualitas, layar Super AMOLED juga hadir dengan beberapa peningkatan, antara lain:

  • Mampu merespon lebih cepat saat perangkat digunakan
  • Mampu mengurangi refleksi cahaya
  • Menampilkan tampilan yang lebih jernih dan tajam
  • Lebih hemat konsumsi daya baterai

Dynamic AMOLED

Dynamic AMOLED merupakan pengembangan layar dari Super AMOLED yang dirilis pada 2019 yang lalu. Pada dasarnya, tidak banyak perbedaan antara keduanya. Secara sederhana Dynamic AMOLED merupakan Super AMOLED dengan dukungan teknologi HDR10+.

Keberadaan HDR ini membuat layar Dynamic AMOLED mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih alami layaknya kehidupan nyata.

Kesimpulan

Jadi, mana yang terbaik? Jawabannya jelas Dynamic AMOLED, karena Dynamic AMOLED merupakan layar AMOLED yang sudah mengalami peningkatan hingga penambahan dukungan teknologi HDR10+.

Itulah beberapa perbedaan singkat antara ketiganya, semoga bisa menjadi referensi Anda ketika hendak membeli handphone baru ya!

Tinggalkan komentar