Setiap tahunnya, para ahli menilai kualitas pendidikan di berbagai negara di dunia. Indonesia juga turut menjadi salah satu dari negara yang dinilai. Lebih jauh lagi, kualitas pendidikan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Bagaimana hasil dari penilaian ini? Mari kita lihat lebih dekat.
Penilaian Kualitas Pendidikan Indonesia
Berbagai penilaian telah dilakukan oleh para ahli mengenai kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Program for International Student Assessment (PISA), Program for International Student Evaluation (PIRLS), dan Program for International Student Assessments (TIMSS). PISA merupakan penilaian yang dilakukan oleh Organisasi untuk Cooperasi dan Pembangunan Ekonomi (OECD) untuk menilai kompetensi siswa di bidang matematika, sains, dan bahasa Inggris di semua negara di dunia. Sedangkan PIRLS dan TIMSS adalah penilaian yang dilakukan oleh International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA) untuk menilai kompetensi siswa di bidang membaca dan matematika.
Berdasarkan PISA, Indonesia berada di peringkat 75 dari 72 negara di dunia. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia. Indonesia juga berada di peringkat 44 dari 45 negara di dunia berdasarkan PIRLS, dan di peringkat 42 dari 47 negara di dunia berdasarkan TIMSS.
Kendala yang Dihadapi
Selain menilai kualitas pendidikan Indonesia di dunia, para ahli juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi oleh sistem pendidikan di negara ini. Beberapa di antaranya adalah kurangnya komitmen dari pemerintah, kurangnya dana untuk pengembangan sekolah, kurangnya pengawasan dan pengendalian, kurangnya kesempatan bagi para guru dan siswa untuk mengembangkan diri, dan masih banyak lagi.
Upaya yang Dilakukan
Meskipun kualitas pendidikan Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia, pemerintah dan masyarakat masih berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Beberapa contoh upaya yang telah dilakukan adalah penyediaan dana tambahan untuk pengembangan sekolah dan fasilitas pendidikan, peningkatan kualitas guru melalui program bimbingan dan peningkatan kompetensi, penyediaan kesempatan bagi siswa untuk mengikuti program pendidikan tinggi, dan masih banyak lagi.
Kesimpulan
Kesimpulan dari penilaian kualitas pendidikan Indonesia adalah bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih berada di bawah rata-rata dunia. Namun, pemerintah dan masyarakat telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai upaya.